Langsung ke konten utama

A. Sel

Pertama kali kita membuat Microsoft Excel atau spreadsheet, kita jumpai sebuah worksheet atau lembar kerja. Di dalam worksheet terdapat kotak kotak biasa di sebut baris (row), kolom(coulom), dan sell (cell).

· Baris (row), di beri tanda pada angka 1 sampai dengan 1.048.576.
·Kolom (coulomn), ditandai dengan abjad A sampai dengan XFD atau jika dijumlahkan sekitar 16.384 kolom.
· Sell (cell), adalah pertemuan antara baris dan kolom, seperti A1 artinya berada di kolom A baris ke-1, alamat sel akan terlihat pada namebox.
·Range adalah gabungan beberapa sel. contohnya range A1;A5.
·Name box adalah tempat posisi sel yang sedang aktif.

Sel ini sangat bermanfaat bagi pengguna spreadsheet karena menjadi media mengolah data, rumus , dan fungsi untuk memudahkan proses kerja.


A. Memberi Garis pada sel
     memberi garis pada sel dilakukan agae bentuk tabel terlihat jelas. langkah langkahnya, sebagai berikut :
   * Seleksi sel yang akan di beri garis
   * Klik Home 
   * Klik tanda panah Borders. 
   * Pilih garis yang kita inginkan , misalnya All          Borders

B. Memberi warna sel 
    pemberian warna pada sel biasanya digunakan sebagai pembeda antar katagori agar lebih mudah proses pembacaannya. Untuk memberi warna sel, langkah langkahnya adalah sebagai berikut
  * Pilih sel yang akan di beri warna
  * Klik tanda panah Fill colour
  * Pilih warna yang di inginkan.

 C. Menyisipkan Sel 

   *Klik sel yang akan di sisipkan
   * Klik tanda panah pada Insert
   * Klik Insert Cells. 
   * Pilih opsi yabg di inginkan :
           -Shift Cells Right 
           - Shift Cells down 
           - Entire row 
           - Entire coloumn.
   * Klik OK.

D. Menghapus Sell
    Langkah  untuk menghapus sel yang tidak di perlukan, sebagai berikut
   
   *Klik sel yang akan dihapus
   * Klik tanda panah Delete
   * Klik Delete cells
   * Pilih opsi yang di inginkan
           -shift cells left
           - shift cells up
           -Entire row
           - Entire coloumn
   * Klik Ok.
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

B. Jenis Data

Terdapat beberapa tipe karakter data yang sering di gunakan di dalam spreadsheet, yaitu sebagai berikut. 1. Data alpha numeric/teks.      Data alpha numeric/ teks merupakan tipe data berupa teks seperti huruf (A-Z, a-z) simbol (*,$,%,#,@). Angka (0-9) tidak akan diproses secara matematika pada tipe data ini. Data dengan tipe ini, dalam Microsoft Excel akan dibuat rata kiri dan selalu didahului oleh label prefiks berupa tanda kutip satu (') yang di berikan secara otomatis. Jika data yang di masukkan adalah data angka tetapi kita ingin menganggapnya sebagai alpha numeric / teks, kita harus mengetik label prefiks sebelum data tersebut, seperti: '2012. 2. Data Numerik / angka      Data numerik / angka merupakan data yang terdiri atas angka (0-9), waktu, dan tanggal yang dapat di proses secara matematika. Penulisan dara dengan tipe ini tidak boleh di dahului oleh label prefiks. Data numerik ini akan ditampilkan rata kanan oleh spreadsheet. 3. Data formu...

C. Pengaturan Data

1. Memperbaiki Data       Jika terjadi kesalahan pengetikan data pada sel C6(Iklan dibayar dimuka), yang seharusnya adalah sewa Gedung Dibayar dimuka. Langkah untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut     * Letakkan pointer pada sel C6     * Tekan tombol F12 pada keyboard     * Perbaiki data menjadi sewa gedung dibayar dimuka     *Atau klik pada formula bar, kemudian tuliskan perbaikannya. 2. Menyalin Data  Data antarsel atau antar-sheet dapat di salin. contohnya data antarsel dari B2 ingin di salin ke D4, langkahnya sebagai berikut.     * Klik kanan di sel B2     * Pilih Copy     * Klik kanan di sel D4     * Pilih paste (ctrl + V)  sedangkan, langkah langkah untuk menyalin data antar sheet, adalah sebagai berikut.      * Blok data di sheet1 yang akan di salin      * Klik kanan, pilih copy.      * Klik sheet2 ...